Sunday, 17 May 2015

Di dalam Al Quran, Allah Swt., berfirman, “Tidak Kami luputkan sesuatu pun di dalam al­Kitab.” (QS. Al­An’am: 38). Membaca firman ini mengajak kita merenungkan hal-hal apa saja yang dicantumkan di dalam Al­ Quran. Memang tidak secara khusus diceritakan di dalamnya, namun secara umum dijelaskan karena Al ­Quran bukan buku diktat. Tentulah yang dijelaskan hal-hal yang memberi manfaat dan kian mendekatkan manusia kepada Allah Swt. Salah satunya adalah besi.
Bahasa Arab besi adalah al-hadid. Salah satu nama dari surat-surat yang ada di dalam Al­Qur’an adalah Al-hadid. Tentu menjadi pertanyaan, seberapa besarnya rahasia besi sehingga diceritakan di dalam Al Quran dan bahkan dijadikan salah satu nama dari nama-­nama surat di dalam Al Quran.
Antara Besi dan Al Quran Bila dikaji dalam surat Al-hadid, penyebutan kata besi memang bukan terdapat di awal surat. Bahkan, dikaji dari sebab turunnya ayat yang menceritakan besi di dalam kitab Lubabunnuquul fi asbaabin Nuzuul karya Imam Jalaluddin As­Suyuuthi, memang tidak terdapat. Tetapi, kata besi yang dalam bahasa Arabnya Al-hadid terdapat di dalam surat tersebut.

Ayat 25 dari surat Al-hadid yang membicarakan tentang besi. Allah Swt. berfirman:

“… Dan Kami turunkan besi yang pada terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia…”

Kata “turunkan” yang digunakan dalam ayat tersebut sama dengan kata “turunkan” yang digunakan untuk penurunan Al Quran. Yaitu, kata anzalnaa. Hal ini dilihat dari surat Al­-Qadr ayat 1,

 “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) di malam qadar.” Al­Qur’an hadir atau diturunkan Allah untuk manusia sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan­penjelasan mengenai petunjuk tersebut serta menjadi pembeda antara yang benar dan yang batil. (QS. Al­Baqarah [2]: 185).

Demikian halnya dengan besi yang diturunkan Allah kepada manusia, untuk menjadi petunjuk dan pembeda antara yang benar dan yang batil. Dari mana tahunya? Dari ayat yang terdapat setelah Allah menceritakan penurunan besi kepada manusia.
Petunjuk dan kekuatan adalah dua hal yang hampir sama. Petunjuk menjadi pelita untuk bisa mencapai sesuatu yang benar. Kekuatan adalah pilar untuk bisa meraih yang benar. Tanpa ada kekuatan sulit didapat kebenaran yang tepat. Ini sudah disaksikan dalam kehidupan kita. Makanya, besi dan Al Quran di satu sisi diturunkan Allah untuk memberikan petunjuk dan kekuatan terhadap keimanan kepada Allah Swt.

Ayat-­ayat yang Membicarakan Besi

Allah Swt. tidak hanya menceritakan tentang besi di surat al-hadid saja. Ada sembilan ayat yang mengupas masalah besi di dalam al­Qur’an. Di antaranya adalah:

 1. Surat Al­-Kahfi ayat 96
Allah menjelaskan proses pengelohan besi “Berilah aku potongan­-potongan besi. Hingga ketika (potongan) besi itu telah (terpasang) sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, dia (Zulkarnain) berkata, “Tiuplah (api itu)!” ketika (besi) itu sudah menjadi (merah seperti) api, dia pun berkata, “Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar kutuangkan ke atasnya (besi panas itu)”

2. Surat Al­-Anbiyaa’ ayat 80
Allah menjelaskan teknologi pengolahan besi di Jaman Nabi Daud.
“Dan Kami ajarkan (pula) kepada Daud cara membuat baju besi untukmu, guna melindungi kamu dalam peperanganmu. Apakah kamu bersyukur (kepada Allah)?”

3. Surat Saba’ (Kaum Saba) ayat 10-­11
Allah masih menjelaskan teknologi pembuatan baju besi
“Dan Sungguh, telah Kami berikan kepada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman),
 “Wahai gunung­gunung dan burung­burung! Bertasbihlah berulang­-ulang bersama Daud, “ dan Kami telah melunakkan besi untuknya. (Yaitu) buatlah baju besi yang besar­besar dan ukurlah anyamannya, dan kerjakanlah kebajikan. Sungguh, Aku Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”

4. Surat An­Nahal ayat 81
Allah menceritakan manfaat besi
“Dan Allah menjadikan tempat bernaung bagimu dari apa yang telah Dia ciptakan, Dia menjadikan bagimu tempat­tempat tinggal di gunung­gunung, dan Dia menjadikan pakian bagimu yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikian Allah menyempurnakan nikmat­Nya kepadamu agar kamu berserah diri (kepada­Nya).”

Besi dalam Penilaian Pakar

Besi dalam Kajian DR. Michael Denton

            DR. Michael Denton adalah pakar microbiology. Dalam bukunya “The Destiny of Nature”, ia mengungkapkan bahwa dari seluruh logam yang ada, besi yang paling penting bagi manusia. Besi berasal dari letusan supernova, lalu pecahannya tersebar ke semua penjuru kosmos.
            Gravitasi atom besi berada di posisi titik bumi, yang menciptakan panas dan mengawali terjadinya perbedaan unsur kimiawi di bumi. Besi meleleh di posisi titik bumi seperti dinamo raksasa hingga menciptakan medan magnet bagi bumi. Lalu tercipta serbuk radiasi Van Allen yang fungsinya melindungi bumi dari segala radiasi yang berbahaya, serta menjaga lapisan ozon dari kerusakan yang ditimbulkan sinar kosmik.
            Tahukah Anda, tanpa atom besi maka tidak akan ada kehidupan yang berbasis karbon dalam semesta ini. Tanpa supernova, maka panas yang dibutuhkan saat awal­awal terbentuknya bumi ini juga tidak ada. Atmosfer maka medan magnetis pelindung bumi ini pun tidak ada. Serbuk Van Allen yang menyebabkan adanya lapisan ozon juga tidak ada jika tanpa supernova. Bahkan, unsur zat besi dalam pembentukan hemoglobin manusia juga ada pengaruh supernova.
Intinya, manfaat besi sangat besar bagi kehidupan manusia. Besi bukan hanya alat untuk berperang saja. Bukan hanya alat untuk membuat senjata dan baju perang. Tapi, manfaat besi lebih dari itu. Bila dikaji kembali dalam surat Al-hadid, Allah Swt. menceritakan besi di dalam Al Quran tidak lain menunjukkan bahwa keimanan orang yang mempercayai Al Quran yang menjelaskan tentang hal-hal yang diluar jangkauan akal manusia. Jadi, di dalam surat Al-hadid ayat 28, Allah Swt.,
“Wahai orang­orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul­Nya (Muhammad), niscaya Allah memberikan rahmat­Nya kepadamu dua bagian..”
Artinya, Allah menurunkan surat al-hadid dan hal ihwal diturunkannya besi adalah fakta bahwa Muhammad adalah rasul Allah. Al Quran yang menjadi mukjizatnya adalah benar datangnya dari Allah. Besi yang dimaktubkan di dalam Al Quran adalah bukti bahwa Al Quran yang diturunkan pada abad ke-­7 sudah menceritakan tentang besi yang sudah ada pada masa Nabi Daud As. Tak ada kebohongan yang dibawa oleh Rasulullah Saw. Karena itu, beriman kepada­Nya dan bertakwalah kepada Allah Swt.

Besi adalah satu bukti juga bahwa Allah Swt. Kuasa menjadi hal yang sangat dibutuhkan bumi dan manusia. Namun, kenapa manusia tak kuasa membuat dirinya untuk senantiasa beriman dan bertakwa kepada Allah Swt.

Web E-Dakwah

http://www.anneahira.com/
http://alhadid.or.id/

Categories: ,

1 comments :

sherlina halim said...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : asianbet77@yahoo.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini